Wednesday, September 19, 2018

Cara Membangun Startup Yang Sukses

Cara Membangun Startup Yang Sukses

Semua orang ingin menjadi pengecualian, tetapi membangun perusahaan bernilai jutaan dolardalam 12 bulan tidak sama dengan sebagian besar bisnis. Bahkan perusahaan-perusahaan yang tampak seperti kisah sukses dalam semalam terbang di bawah radar selama beberapa tahun sebelum menemukan jeda besar mereka.

Jadi apa rahasia membangun startup yang sukses? Anda harus bersemangat, berkomitmen dan mau bekerja untuk jangka panjang. Banyak startup tidak gagal. Sebaliknya, pemimpin mereka cenderung menyerah terlalu cepat. Jadilah tangan yang tepat, tetapkan tujuan yang realistis untuk pertumbuhan dan pengembangan dan lakukan perjalanan startup Anda selangkah demi selangkah. Memahami langkah dan prinsip di bawah ini dapat menjadi perbedaan antara startup yang gagal dan yang berhasil.

Pecahkan masalah yang Anda minati.


Langkah pertama dalam memulai bisnis, ketika menantang, bisa dibilang yang paling mudah. Anda butuh ide. Perusahaan-perusahaan terbaik dibentuk oleh orang-orang yang memecahkan masalah umum, menciptakan kenyamanan atau menemukan sesuatu yang hilang di bidang atau masyarakat mereka. Dan sering kali, mereka bersedia melakukan semua waktu dan energi mereka untuk penemuan ini karena mereka bersemangat tentang hal itu. Tanpa gairah, tahun-tahun awal yang sulit itu akan tampak tak tertahankan dan para pemimpin akan lebih cenderung menyerah.

Temukan validasi.


Meskipun ini bukan saran yang ingin Anda berikan kepada putra atau putri remaja Anda, mencari validasi merupakan langkah penting dalam membangun startup yang sukses. Tujuan memulai suatu bisnis adalah untuk memecahkan suatu masalah atau memenuhi suatu kebutuhan atau kekosongan. Tanpa penegasan bahwa ada, pada kenyataannya, pasar dan kebutuhan akan produk atau jasa Anda, Anda mungkin juga beralih ke ide besar berikutnya. Lakukan tes stres, bicaralah kepada semua orang di jaringan Anda dan dapatkan orang lain di dalamnya.

Tentukan bagaimana Anda akan mendanai bisnis Anda.

Cara Membangun Startup yang Sukses 


Jadilah tangan yang tepat, tetapkan tujuan yang realistis untuk pertumbuhan dan pengembangan dan lakukan perjalanan startup Anda selangkah demi selangkah.

Semua orang ingin menjadi pengecualian, tetapi membangun perusahaan bernilai jutaan dolardalam 12 bulan tidak sama dengan sebagian besar bisnis. Bahkan perusahaan-perusahaan yang tampak seperti kisah sukses dalam semalam terbang di bawah radar selama beberapa tahun sebelum menemukan jeda besar mereka.

Jadi apa rahasia membangun startup yang sukses? Anda harus bersemangat, berkomitmen dan mau bekerja untuk jangka panjang. Banyak startup tidak gagal. Sebaliknya, pemimpin mereka cenderung menyerah terlalu cepat. Jadilah tangan yang tepat, tetapkan tujuan yang realistis untuk pertumbuhan dan pengembangan dan lakukan perjalanan startup Anda selangkah demi selangkah. Memahami langkah dan prinsip di bawah ini dapat menjadi perbedaan antara startup yang gagal dan yang berhasil.

Pecahkan masalah yang Anda minati.


Langkah pertama dalam memulai bisnis, ketika menantang, bisa dibilang yang paling mudah. Anda butuh ide. Perusahaan-perusahaan terbaik dibentuk oleh orang-orang yang memecahkan masalah umum, menciptakan kenyamanan atau menemukan sesuatu yang hilang di bidang atau masyarakat mereka. Dan sering kali, mereka bersedia melakukan semua waktu dan energi mereka untuk penemuan ini karena mereka bersemangat tentang hal itu. Tanpa gairah, tahun-tahun awal yang sulit itu akan tampak tak tertahankan dan para pemimpin akan lebih cenderung menyerah.

Temukan validasi.


Meskipun ini bukan saran yang ingin Anda berikan kepada putra atau putri remaja Anda, mencari validasi merupakan langkah penting dalam membangun startup yang sukses. Tujuan memulai suatu bisnis adalah untuk memecahkan suatu masalah atau memenuhi suatu kebutuhan atau kekosongan. Tanpa penegasan bahwa ada, pada kenyataannya, pasar dan kebutuhan akan produk atau jasa Anda, Anda mungkin juga beralih ke ide besar berikutnya. Lakukan tes stres, bicaralah kepada semua orang di jaringan Anda dan dapatkan orang lain di dalamnya.

Tentukan bagaimana Anda akan mendanai bisnis Anda.

Berfokus pada pengembangan sangat penting, tetapi ingatlah untuk menyisihkan dana (hingga 50 persen) untuk pemasaran dan promosi, grup fokus, dan membangun bisnis Anda. Jika bootstrap, penting untuk mengetahui bahwa Anda tidak harus memiliki semuanya sekaligus. Banyak startup yang bertahun-tahun sebelum merekrut departemen yang bagi sebagian orang mungkin terlihat penting (seperti pemasaran). Sebaliknya, karyawan dan pendiri memakai beberapa topi dan saling mendukung dalam upaya baru.

Buat hubungan dengan pelanggan Anda.

Setelah Anda secara resmi meluncurkan perusahaan Anda dan mempromosikannya, kunci untuk membangun bisnis yang sukses adalah membangun kesetiaan dan kebahagiaan pelanggan. Biaya untuk mendapatkan pelanggan baru bisa tinggi. Sebagai gantinya, tindak lanjuti dengan pengguna dan buat touchpoint yang berkelanjutan. Layani pelanggan dengan mengirimkan survei dan mendengarkan, belajar, dan sungguh-sungguh peduli tentang mereka.

Jadilah fleksibel. 

Tanggapi dengan penuh rasa terima kasih dan buat perubahan jika perlu. Penting untuk mempercayai ide orisinal Anda, tetapi jangan terlalu bangga untuk mendengarkan pelanggan Anda atau menerima perubahan. Bersikaplah fleksibel dan berubah setelah mendengarkan pelanggan Anda dan menganalisis audiens target Anda. Hati-hati memprioritaskan dan memperdebatkan umpan balik mana yang paling bermanfaat dan bermanfaat bagi pelanggan dan masa depan perusahaan.

Jangan merasa nyaman.

Jika musuh kemajuan adalah kenyamanan, maka belajar untuk menikmati ketidaknyamanan. Buatlah gol besar untuk diri sendiri dan tim Anda. Cobalah membangun basis pelanggan Anda sebesar empat hingga lima persen setiap minggu dan mengawasi sasaran-sasaran ini dengan memiliki peran manajemen aktif.

Selalu memainkan peran aktif.

Para pendiri ditarik dalam ribuan arah berbeda dengan pendanaan, rekrutmen, kemitraan, dan strategi, tetapi perusahaan yang paling sukses memiliki kepemimpinan langsung (tidak menjadi bingung dengan para micromanagers). Ciptakan budaya positif di perusahaan Anda dengan belajar mengelola orang-orang Anda dan menyisihkan waktu khusus untuk mereka. Karyawan yang bahagia akan menghasilkan pelanggan yang bahagia, yang akan mengarah pada pertumbuhan.

Sabar.

Sukses pasti tidak akan terjadi dalam semalam, dan itu tidak akan terjadi selama beberapa tahun. Perusahaan yang berinvestasi dalam diri mereka sendiri dan perencanaan yang cermat dan strategis ke depan untuk efisiensi yang berkelanjutan dapat mengharapkan untuk mencapai profitabilitas sekitar tahun ketiga mereka dalam bisnis. Tetapi setiap perusahaan berbeda, dan kesuksesan sejati mungkin memerlukan waktu puluhan tahun. Steve Jobs mendirikan Apple pada tahun 1976, tetapi baru pada tahun 1984 Apple muncul di peta dengan munculnya komputer Macintosh. Dan bahkan kemudian, Apple berjuang sampai kedatangan produk iMac dan konsumen di akhir tahun 90an.

Sebagai seorang pengusaha, sebagai pemimpin dan sebagai pendiri startup, sangat penting untuk mengetahui perbedaan antara ide bagus dan perusahaan besar. Jadi putuskan sekarang bahwa Anda semua masuk, dan jangan menyerah ketika keadaan menjadi sulit.

Sumber:


No comments:

Post a Comment